Taman Nasional Baluran terdapat di provinsi Jawa Timur. Wisata Banyuwangi Jawa Timur ini merupakan kekayaan alam alami selain Taman Nasional Alas Purwo yang terkenal dengan keangkerannya. Ada kesamaan tempat dari kedua taman tersebut. Namun, alas purwo lebih dikenal dengan pantai-pantainya yang berombak besar.

Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur merupakan sebuah taman nasional dengan luas area 25.000 hektar. Anda jangan mengira taman nasional ini seperti taman-taman lain yang berupa hutan belantara. Memang pada sebagian wilayahnya, taman baluran menyediakan juga tempat konservasi alam berupa hutan lindung. Tetapi, wilayah utama wisata baluran adalah hamparan padang rumput yang amat luas. Luas savana baluran ini mencapai sepertiga dari luas keseluruhn taman nasional, yaitu 10.000 hektar. Savana baluran ini adalah savana terluas yang dimiliki Pulau Jawa.

Lokasi Taman Nasional Baluran Jawa Timur ini digadang-gadang mirip dengan savana yang berada di benua Afrika. Tidak salah lagi, rerumputan yang terbentang di sepanjang mata memandang, pohon-pohon dengan batang yang mekar terlihat satu dua di atas rumput, dan yang paling menyejukkan mata adalah backgound gunung baluran yang tinggi menjulang yang terlihat mulai dari pangkal hingga pucuk gunung dalam cuaca cerah. Tepat sekali jika julukan Africa Van Java melekat pada taman baluran ini.

Taman Nasional Baluran melindungi hewan-hewan padang rumput seperti banteng, kerbau, rusa, monyet berekor panjang, dan burung pemilik ekor panjang, burung merak. Anda bisa melihat keberadaan mereka yang sedang merumput di tengah savana. Sekali-sekali, sekawanan rusa akan melintasi kendaraan Anda yang sedang melewati jalan. Pemandangan ini kerap kali dijumpai di padang rumput seperti ini. Seolah-olah Anda akan dibawa jauh melompat ke afrika dengan dilihatkan situasi demikian.

Letak Taman Nasional Baluran ini masuk di desa wonorejo, kecamatan banyuputih, kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sebenarnya, kawasan baluran ini terletak di perbatasan kabupaten Situbondo dan kabupaten Banyuwangi. Banyak orang menyebut Taman Nasional Baluran Situbondo, ada juga yang menyebut Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Sederhana saja, karena lokasi taman ini lebih dekat ke Banyuwangi daripada kabupaten Situbondo sendiri.

Mari berjelajah di kawasan wisata taman baluran. Secara terperinci, tempat wisata ini dibagi menjadi beberapa bagian dengan bentuk wilayah yang berbeda-beda. Hal ini yang menjadi keunikan taman baluran ini. Luasnya yang mencapai puluhan ribu hektar membuat kawasan ini seperti sebuah desa yang dihuni oleh berbagai macam satwa. Tempat yang alami ini sering digunakan oleh para ahli maupun mahasiswa untuk penelitian, penelitian ilmu pengetahuan alam, mengembangkan dan menunjang budidaya, selain tujuan utamanya sebagai tempat pariwisata untuk dikunjungi wisatawan. Bagi Anda petualang sejati, jangan lupa untuk menyempatkan waktu berkunjung Kawah Ijen dan Pulau Tabuhan. Anda juga bisa melakukan penelitian di kedua tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Biaya masuk Taman Nasional Baluran ini bermacam-macam, sesuai dengan situasi kondisi dan berdasarkan asal wisatawan. Selain tiket masuknya, biaya parkir juga diperhitungkan. Berikut rincian biaya masuk yang dipungut di Taman Nasional Baluran Jawa Timur.

  • Harga tiket masuk pada hari biasa (hari biasa terhitung mulai hari senin hingga hari jum’at)

Pengunjung domestik / wisatawan lokal : Rp.15.000 sedangkan Wisatawan manca negara : 10 kali lipat, yakni Rp. 150.000

Tarif parkir untuk hari tersebut :

Pengendara roda 2 : Rp. 5.000, Pengendara roda 4 : Rp. 10.000.00, dan Pengendara roda 6 (bus) : Rp. 50.000

  • Harga tiket masuk weekend atau hari libur (tanggal merah)

Wisatawan lokal : Rp. 17.500 sedangkan Wisatawan manca negara : Rp. 225.000

Tarif parkir untuk hari-hari tersebut, naik menjadi :

Pengendara roda 2 : Rp. 7.500, Pengendara roda 4 : Rp. 15.000, dan Pengendara roda 6 : Rp. 75.000